Blog seputar drone

Sabtu, 13 Februari 2016

Drone Adalah Pesawat Terbang Tanpa Awak

Apasih Drone itu? mungkin pertanyaan ini ada pada benak sobat. Drone adalah pesawat tanpa awak yang digunakan untuk mengerjakan beberapa misi. Drone umumnya memiliki kemampuan untuk di kendalikan dari jarak jauh bahkan dapat mengendalikan dirinya sendiri melalui program yang telah di pasang pada perangkatnya.

Pada awalnya drone di gunakan oleh kepentingan militer, namun dengan seiring kemajuannya drone saat ini menjadi hobi para pecinta aerobot dan digunakan untuk berbagai kepentingan seperti untuk berbisnis, untuk memadamkan kebakaran, pemetaan wilayah dan pengawasan pada lahan pertanian dan hutan. 

Drone Adalah

Kalau kita tinjau manfaatnya drone sangat menguntungkan untuk kita miliki apa bila kita mampu memanfaatkannya dengan baik. 


Adakah Drone  Buatan Dalam Negeri?
Saat ini drone atau pesawat terbang tanpa awak (PTTA) juga telah di kembangkan di indonesia oleh industri dalam negeri di antaranya: PT. Dirgantara Indonesia, PT. UAV Indo, PT. Globalindo Tekhnologi Service Indonesia, PT. RAI (Robo Aero Indonesia), PT. Aviator dan PT. Carita. Adapun PTTA hasil produk dalam negeri tersebut saat ini digunakan untuk  berbagai kepentingan militer dan pengawasan di wilayah berbahaya dan rawan seperti daerah bencana, area gunung berapi dan perbatasan antar negara. 

Sampai saat ini beberapa industri pesawat terbang tanpa awak ini masih melakukan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan terbang sehingga dapat di manfaatkan untuk hal yang lebih luar. 

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Sebuah Drone
Sebuah drone harus memiliki kemampuan untuk mampu terbang secara Autonomous. Kinerja terbang pesawat tanpa awak yang sering menjadi ukuran yaitu kemampuan jangkauan terbang (long distance), kemampuan lama terbang (long endurance), kemampuan terbang secara automatis (autonomous flying), dan kemampuan take off dan landing. Kemampuan tersebut juga menyangkut aspek inovasi aircraft (desain pesawat terbang), propulsi, avionik, dan aerodinamika.

Karena saat ini drone sudah di komersialkan para penggemar drone dapat membeli drone dengan mudah di toko-toko yang menjual drone. Beberapa toko online juga telah menyediakan drone untuk dapat di beli oleh para konsumen dengan harga yang cukup terjangkau. 

Harga yang akan di patok untuk setiap drone akan bervareasi antara ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung dari kemampuan drone itu sendiri. Semakin canggih dan handal sebuah drone maka akan semakin mahal.

Umumnya yang akan menjadi patokan untuk menentukan harga sebuah drone adalah durasi lama terbang, ketinggian dan jarak yang dapat di tempuh, kemampuan untuk terbang secara otomatis, perangkat kamerah di dalamnya dan fitur yang canggih yang dimilikinya.
Bagiamana sobat? Anda tertarik untuk membeli pesawat terbang tanpa awak alias drone ini? Jika iya sebelum membelinya rencanakan terlebih dahulu akan digunakan untuk apa drone nantinya. Semoga artikel drone adalah pesawat terbang tanpa awak ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel yang lain, salam mengudara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Drone Adalah Pesawat Terbang Tanpa Awak